Minggu, 06 Desember 2009

Kalau Indonesia Malah Menang?

Konon Bappenas di tahun 1966, saat rezim militer Orba lahir, pernah mengadakan seminar tentang politik luar negeri kita setelah Presiden Soekarno diturunkan. Apakah akan meneruskan politik konfrontasi dengan Barat atau mengambil jalan berdamai.
"Kita harus bukan hanya menyerukan 'Go to Hell with Your Aids !' tetapi juga berperang secara militer dengan Amerika Serikat", ujar seorang sejarahwan. Lho !
"Sejarah telah membuktikan, Jerman dan Jepang yang kalah berperang habis-habisan dengan AS akhirnya akan dibantu bangkit menjadi negara maju dan kaya. Kita dapat menjadi negara maju ketiga", lanjutnya menguraikan alasan. Usul pakar sejarah tersebut menjadi bahan perdebatan ramai.
Jenderal Soeharto dan kalangan militer menolak keras usulan perang itu sehingga ditempuhlah jalan berdamai dengan Barat. Jubir dari Mabes menjelaskan alasannya:"Bukan kami takut perang, dengan bambu runcing kita telah mengusir penjajah. Bapak-bapak hanya berpikir dengan satu skenario kita kalah. Padahal kami yakin dapat mengalahkan Amerika !", katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar